Kabarbank. Tidak terpungkiri bahwa untuk memenuhi kebutuhan terasa begitu sulit. Bagaimana tidak harga bahan baku pangan dan sandang terus meroket tiap harinya. Melihat situasi tersebut, berbagai penyedia jasa keuangan berbasis aplikasi handphone atau web berlomba menyediakan variasi layanan pinjaman online.

 

Hanya dengan beberapa langkah praktis kini anda bisa meminjam sejumlah uang untuk kebutuhan keuangan anda. Jika berpikir sejenak untuk melihat kembali beberapa waktu silam tentu hal ini tidak pernah terpikirkan bukan.

Pinjaman Online cara mudah dapat dana tunai
Mengajukan Pinjaman Online Menggunakan Kartu Kredit

Tidak hanya itu pinjaman online langsung cair ke rekening ini, bisa anda gunakan apabila anda ingin membuka usaha sampingan dan butuh suntikan modal, atau untuk biaya pendidikan anak ke jenjang yang lebih tinggi.

 

Bukan hanya mudah anda bisa meminjam tanpa batasan waktu dan tempat. Berbeda jika kita mengajukan pinjaman via bank, dimana kita harus datang langsung ke bank yang bersangkutan.

 

Berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan sebelum mengajukan pinjaman :

 

  1. Menentukan Jumlah Pinjaman

Wajar adanya kita mencari penyedia jasa pinjaman yang memiliki batas pinjaman terbesar. Namun alangkah baiknya apabila calon nasabah mempertimbangkan jumlah nominal pinjaman terlebih dahulu dengan merencanakan alokasi penggunaan dana tersebut,

Tujuannya tidak lain agar anda tidak merasa repot untuk melunasi cicilan. Agar hal itu tidak terjadi pastikan kemampuan finansial untuk mengangsur dan tidak merasa terbebani setiap bulannya. Ada baiknya meminjam dengan nilai nominal yang tidak terlalu besar.

  1. Tentukan Penyedia Layanan Pinjaman online

Marakanya penyedia layanan baik via aplikasi maupun website online terkadang membingungkan kita.

Untuk memastikan hal tersebut ada baiknya anda mempertimbangkan layanan dengan performa manejemen terbaik dan diawasi oleh OJK . Lihat review dari pengguna yang telah memakai layanan tersebut. Dengan begitu kita bisa mengetahui jasa layanan tersebut kredibel atau tidak.

Tidak perlu merasa terburu-buru dalam memiih, perhatikan kelebihan dan kekurangannya agar anda tidak dirugikan.

  1. Cek Simulasi Pinjaman

Masing-masing penyedia jasa tentu memiliki simulasi yang nilai perbedaannya tidak terlalu besar. Jika dirasa sudah mantap dengan pilihan anda, silahkan melihat simulasi pinjaman yang ada. Masukan jumlah pinjaman yang anda inginkan dengan cicilannya. Rata-rata anda bisa meminjam dengan nominal 500.000 sampai 5.000.000 tergantung kebijakan penyedia jasa. Rentang waktu pelunasan juga beragam dari 1 tahun hingga 10 tahun.

ilustrasi Pinjaman Online
Pinjaman Online dalam bentuk mata uang asing
  1. Melakukan Cek Ulang

Pada tahap ini terkadang membuat lengah. Memang yang kita harapkan adalah transparansi, namun alangkah baiknya anda melakukan cek ulang perhitungan pinjaman yang telah disimulasikan. Dengan begitu tidak ada biaya-biaya tambahan yang tidak ketahui yang nantinya harus kita bayarkan seperti biaya administrasi dan lain lain.

  1. Pengajuan Pinjaman

Tentu anda harus mengisi formulir elektronik sebelum “meminta” pinjaman dana layaknya proses ketika memimnjam di bank. Pastikan anda memenuhi semua persyaratan yang diperlukan seperti dokumen berupa KTP, Kartu Keluarga, atau Slip gaji.

 

Perlu ditekankan kembali bahwa masing-masing penyedia jasa pinjaman punya kebijakan yang berbeda ya, Anda juga tidak perlu khawatir meskipun harus melewati beberapa prosedur namun hal ini cukup simple dan cinderung singkat.

Pinjaman online kini menjadi salah satu fenomena yang cukup menyita perhatian masyarakt. Mayoritas transaksi perbankan yang dilakukan melalui i-banking atau transaksi elektronik. Tidak jarang juga kita melihat iklan di media social menawarkan pinjaman tanpa jaminan apapun.

 

 

3 Tips Bijak menggunakan Pinjaman Online

Ketika dana anda terima pastikan dana tersbut dialokasikan untuk tujuan yang primer. Dengan kata lain bijaklah menggunakan dana pinjaman online dengan tidak menghamburkan percuma. Berikut tips bijak menggunakan pinjaman online :

  1. Gunakan Seperlunya
BACA JUGA:  Kenal Lebih Dekat Dengan Pinjaman Peribadi [Terupdate]

Alasan yang mendasari anda meminjam uang tidak lain adalah untuk memeuhi kebutuhan namun hal ini terjadi pada situasi kekurangan dana. Oleh karena itu fokuslah pada dasar kebutuhan yang menjadi prioritas terlebih dahulu. Misalnya untuk membayar tagihan listrik, cicilan kendaraan bermotor, atau modal usaha. Jika ada dana pinjaman lebih dan tidak terpakai alangkah baiknya bisa digunakan untuk membayar cicilan pinjaman .

 

  1. Menyisihkan Sejumlah Dana Pinjaman

Cara ini dapat anda jadikan sebagai strategi untuk melunasi hutang pinjaman yang anda miliki. Bayangkan jika anda terus ditelepon oleh debt collector untuk segera melunasi pinjaman. Tentu tidak nyaman bukan? Hal simple namun efektif untuk menjamin keamanan aset yang anda miliki. Uang atau dana tersebut juga bisa anda gunakan bila belum jatuh tempo untuk keadaan yang mendesak. Cukup beri catatan keuangan anda terdapat dana dari pinjaman yang anda ajukan.

  1. Catat Pengeluaran

Trik satu ini cocok bagi anda yang kesulitan mengingat kemana uang pengeluaran anda dibelanjakan. Jika anda termasuk orang yang memiliki kegiatan yang padat, anda dapat menyimpan struk belanja dan catat seluruh transaksi di akhir bulan, Atau anda cukup mengunduh aplikasi pencatat pengeluaran yang banyak tersedia playstore bagi pengguna android di handphone anda.

Dalam konteks ini jjika anda memperoleh dan dari pinjaman, silahakan isi sejumlah dana yang adna keluarkan tiap harinya dengan rapi di ponsel anda. Dengan begitu akan meminimalisirkan resiko pengalokasian dana dengan lebih baik. Perlu diingat buat catatan yang mudah dimengerti dan bertahap, hal ini akan mempermudah anda dalam bertransaksi tentunya.

Artikel TerkaitAjukan Pinjaman Peribadi Sekarang

 

3 Tips Memilih Layanan  Pinjaman Uang Online Langsung Cair yang kredibel

Tidak ada salahnya mencoba alternatif layanan pinjaman uang online langsung cair. Tapi bagaimana kita menentukan layanan yang terpercaya?.  Bagaimana tidak dalam kurun waktu 3 tahun belakangan ini dilansir via okezone.com ada 36 penyedia jasa pinjaman online yang di cap sebagai penipu.

Pinjaman Online 2
Pinjaman Online langsung cair dalam hitungan menit

Prosedur yang mudah dan iming-iming bunga yang kecil kerap menjebak calon debitur. Maraknya pendapat yang mencuat menjadi perdebatan perihal layanan pinjaman ini. Belum lagi maraknya keluhan yang disampaikan masyarakat.

 

1.Pilih situs / aplikasi pinjaman online yang namanya sudah dikenal

Anda cukup mencari informasi di internet mengenai performa layanan mana yang terbaik baik itu situs pinjaman online yang sudah dikenal dan terbukti banyak penggunanya. Periksa portal berita terpercaya dan artikel yang berisi topik terkait. Dengan begitu anda dapat menyaring mana yang cocok untuk situasi kebutuhan anda.

 

2. Situs yang banyak direkomendasikan

Dikenal tidak menjadi jaminan apakah penyedia jasa tersebut sifatnya resmi atau tidak. Jika anda mengunakan layanan pinjaman online berbasis website, anda dapat mencari review pengguna di media social atau portal berita. Jika anda menggunakan  layanan jasa pinjaman berbasis aplikasi hal yang sama yaitu anda melihat review yang ditinggalkan dari pengguna di aplikasi.

3. Waktu Oprasional penyedia layanan pinjaman

Jika kedua hal tersebut sudah anda lakukan, langkah berikutnya adalah kroscek kembali berapa lama penyedia jasa tersebut sudah beroprasi. Prioritaskan rating umur untuk dijadikan pedoman anda. Meski tidak menjamin namun dengan lamanya usia oprasional penyedia jasa diharapkan memberikan layanan yang lebih professional.

Baca Juga : Gampang Banget Pinjam Uang di Koperasi Simpan Pinjam

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.