Kesempatan Gabung di Bisnis Properti Syariah Sekarang Juga

Tidak terpungkiri banyaknya pertanyaan jika kita ingin memulai bisnis properti syariah . Akan banyak menyita waktu bahkan modal yang bisa dibilang besar. Secara logita tanpa modal rasanya akan sangat sulit atau rasanya tidak mungkin.

 

Meski bersifat opini jika kita melihat jauh kedepan bidang properti akan bernilai menjanjikan. Maraknya praktisi pengusaha properti yang menjajakan produknya baik dalam bentuk lahan tanah, rumah, bangunan dengan nilai yang naik dalam periode hitungan tahun yang cinderung singkat. Hal ini mendasari bidang properti bisa dijadikan alternative lain dalam kita berinvestasi.

 

Benar adanya bisnis ini dikaitkan dengan hal yang berbau tingkat bunga, jangka waktu cicilan, dan juga keuntungan yang menggiurkan. Disisi lain mayoritas masyarakat muslim tentu hal ini akan mejadi bahan pertimbangan karena adanya riba. Hal ini berdampak kepada alternative bisnis properti syariah untuk memunculkan niat masyarakat yang berteguh pada prinsip syariat Islam.

Mencapai Kemakmuran Melaui Bisnis Properti Syariah
Kesempatan dalam Trend Bisnis Properti Syariah

Dalam beberapa kurun waktu belakangan ini sector bisnis ini menjadi primadona. Mengutip beberapa pengakuan para pakar keuangan sebelumnya. Meski mengalami arus pasang surut minat masyarakat akan bidang properti pasti ada. Bahwasannya kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal yang layak sifatnya primer. Sayangnya hal ini sulit dijangkau, betapa tidak gaji pokok berbanding terbalik dengan harga properti yang menjulang tinggi.

 

Bersaing Dengan Perusahaan Properti Syariah

Kebutuhan kelompok masyarakat yang tinggi menjadikan sector usaha ini menempati tinggkat permintaan yang tinggi. Berbagai praktisi bisnis developer properti besar seperti Ciputra, Agung Podomoro, ataupun Sinarmas mendominasi sector ini.

Dilihat dari segi geografis, Indonesia yang dengan luas wilayah sangat besar memberikan peluang menjanjikan. Jangan salah hal ini juga berdampak pada tigkat persaingan antar persaingan dalam menawarkan produknya.

Timbul pertanyaan dibenak kita, Bagaimana bisa menyaingi pebisnis dengan modal luar biasa di bidang yang akan kita geluti?.

Jangan bingung, Setiap usaha pasti ada jalan keluar bukan? Walaupun ketatnya persaingan peluang bagi pemula tenti masih sangat luas. Pihak perbankan juga menawarkan berbagai produk yang membantu pebisnis pemula untuk mengembangkan usahanya.

Umumnya usaha properti ini sangat mudah dijumpai di setiap sudut kota dengan berbagai pilihan proyek pembangunan infrasturktur baik yang sifatnya komersil dan non-komersil. Variasi pelunasan menggunakan kredit cicilan dengan tenggang waktu berjangka.

Kesuksesan pasti akan dicapai dengan kesiapan yang matang. Oleh karena itu manajemen resiko juga mutlak sifatnya untuk dipertimbangkan. Tingginya profit yang ditawarkan tentu berbanding lurus dengan resiko.

BACA JUGA:  11 Hal Penting Sebelum Buka Tabungan Emas Pegadaian

Menjawab pertanyaan masyarakat Muslim Indonesia, para praktisi pengusaha muslim menjawab pertanyaan anda dengan menyediakan bisnis properti syariah yang dijalankan tanpa adanya unsur bunga dan riba.

Artikel Menarik : Program Pinjaman KUR BRI

 

5 Hal Penting Yang Sering Dilupakan  Praktisi Bisnis Properti Syariah

 

Bukan hanya kegiatan mencari sejumlah keuntungan. Bisnis properti syariah berlandaskan hukum Islam. Dengan kata lain keuntungan dan cara pengembangan konsep bisnis dibatasi oleh hukum dan norma Islam. Jika halal adanya bisa dilanjutkan tapi jika haram mutlak ditinggal. Bukan hanya keuntungan namup ridho dari Allah.

Dengan menerapkan sistem bagi hasil dan untung rugi. Dengan berprinsip dengan hukum islam, Interaksi sehat antara penjual pembeli bersifat adil dan tidak ada yang dirugikan. Simak penjelasan cara bagi anda yang ingin mulai menggeluti disektor properti syariah :

 

  1. Kredibilitas Bisnis Dengan Prinsip Syariah

Hal pertama adalah mencari opini kedua melalui konsultan di bidang properti dalam hal ini bersangkutan dengan prinsip syariah. Hal ini berkaitan dengan konsultasi mengenai hal apa yang akan anda lakukan untuk memulai bisnis.

Dengan begitu anda jadi benar-benar paham hal yang mendasar kegiatan jual beli dalam syariah Islam.

2.   Kesiapan Modal

Kesiapan modal yang  cukup akan menjamin kelancaran bisnis anda. Dalam proses pembangunan , arus keuangan harus stabil atau dengan kata lain persiapan yang matang dalam hal ini dana.

Profit yang nantinya anda dapat berasal dari hasil nilai jual rumah bukan kredit.

Baca Artikel Berikut : Pinjaman Uang Melalui Koperasi

3.   Lahan Properti Yang Potensial

Karena target konsumen bisnis properti syariah adalah masyarakat muslim, maka perimbangan mengenai alokasi lahan mutlak adanya.

Pemilihan lahan seperti dekat dengan akses rumah ibadah dan jauh dari unsur haram. Anda dapat mencari lokasi dekat dengan pinggiran perkotaan dengan akses tertentu.

 

4.    Sesuai Dengan Perjanjian Syariah

Menjelaskan dengan terperinci dan detail melalui dokumen terkait hal jual beli rumah. Baik yang sifatnya teknis , serah terima, dan lama pengerjaan.

Dokumen ini sifatnya transparan dan apa adanya juga diserahkan kepada calon pembeli sebelum soft launching.

5.   Strategi Pemasaran

Mengatur strategi sedemikian rupa mengenai produk anda tentu dengan mengandung unsur syariah. Jangan lupa bahwa target pasar anda adalah masyarakat yang memeluk agama Islam.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.