Trend Pinjaman Uang Berbasis Siber

Mau cari pinjaman uang tapi bingung dengan banyaknya lembaga yang menawarkan jasa serupa. Tidak hanya lembaga perbankan bahkan lembaga non bank juga menyediakan hal serupa.

Saat ini teknologi dan informasi terus berkembang pesat, mengakses hal tersebut hanya dalam hitungan detik saja. Kepopuleran istilah fintech atau lebih lengkapnya financial technology sebagai sebutan inovasi jasa keuangan berbasis siber.

Mayoritas layanan fintech berbasis aplikasi, pengguna tinggal mengunduh melalui google play saja. Dengan menawarkan berbagai fasilitas dengan berbagai jangka waktu pinjaman, kemudahan syarat pengajuan peminjaman, atau tanpa jaminan.

Hal- hal diatas terdengar mengiurkan bukan?.Dari sekian banyak fintech yang ada, timbul pertanyaan. Mana yang memiliki performa layanan terbaik? Apakah semua jasa tersebut aman dan terpercaya?

Jangan khawatir, melalui artikel teman-teman pembaca bisa jadikan pertimbangan dalam memilih layanan fintech yang sesuai.

Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah pastikan masih-masing layanan tersebut diawasi oleh lembaga OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Dengan begitu kredibilitas dan pelayanan terdaftas di OJK.

Jangan sampai terlena dengan kemudahan syarat dan diberikan, kamu jadi terlibat hutang dan kesulitan melunasinya.

Pada dasarnya pinjaman uang berbasis fintech ini adalah pinjaman uang cepat yang bisa kamu akses secara online. Tidak perlu susah-susah ke bank cukup mengajukan sejumlah dana tertentu. Gampang kan?

Tidak seperti KTA, teman-teman hanya perlu mengunjungi website atau aplikasi penyedia pinjaman uang online, penuhi berkas-berkas yang diperlukan, dan menunggu verifikasi data. Biasanya hanya makan waktu kurang dari 24 jam tergantung kebijakan penyedia jasa.

Untuk persyaratan sebelum mengajukan pinjaman usahakan penuhi berkas-berkas terlebih dahulu ya.

Tips dan trik agar pinjaman uang kita diterima

Banyaknya penyedia jasa tersebut disebabkan oleh permintaan pasar pula, atau dengan kata lain banyak masyrakat yang membutuhkan dana mendesak, contohnya :

  1. Biaya kesehatan
  2. Ongkos perbaikan kendaraan bermotor
  3. Biaya kuliah
  4. Tambahan Modal Usaha
  5. Bayar sewa kontrakan
  6. Dll

Pengajuan pinjaman harus murni berbasi penilaian cash flow calon konsumen. Karena produk pinjaman dana berfokus pada kecepatan dan efisiensi. Layanan ini tidak berdasarkan kepada survey.

Pinjaman Uang

Nah, simak tips berikut ini agar pengajuan kamu cepat disetujui

  1. Pekerjaan Dan Pendapatan Yang Tetap

 

Kedua hal diatas adalah syarat utama dimana pengajuan pinjaman mu disetujui. Sulit rasanya kalau kamu tidak memiliki syarat tersebut, kesempatan pengajuan untuk disetujui sangat sedikit, atau juga mungkin ditolak.

 

Tapi tidak perlu ragu sebelumnya jika kamu memiliki pekerjaan paruh waktu [freelancer], atau bahkan artis Instagram  dan seorang youtuber juga bisa mengajukannya kok. Yang penting tiap bulan kamu punya gaji dan hal tersebut merupakan pekerjaan yang tetap.

 

Kabar gembira yang lain, rata-rata penyedia jasa layanan pinjaman uang memberikan syarat minimal gaji antara 2-5 juta loh.

 

So, yang penting ketika mengajukan pinjaman sejumlah dana ada dalam rekening tabungan kalian ya. Dengan begitu teman- teman dipastikan punya gaji dan pekerjaan yang tetap di mata penyedia jasa.

BACA JUGA:  Capat dan Sigap Customer Service Gojek 24 Jam [Terlengkap]

 

  1. Mengkontrol Pengeluaran

 

Biasanya ini yang paling sulit kita lakukan tiap bulan, bayangkan ketika kita melakukan peminjaman disisi lain alokasi pengeluaran lagi besar-besarnya, atau kamu punya kebiasaan belanja online, bahkan tagihan yang belum sempat dibayar.

Ada baiknya, ketika melakukan pinjaman alokasikan 30% total pinjaman dari gaji. Dengan begitu bisa dibilang kita dapat mengkontrol pengeluaran dengan lebih baik lagi.

 

  1. Keadaan keuangan yang baik

 

Mayorias layanan fintech dalam hal ini pinjaman mutlak akan memverifikasi riwayat keuangan calon nasabah. Tentu dengan cara legal, jadi teman-teman tidak perlu khawatir ada penyalahgunaan informasi pribadi.

 

Mereka memverifikasi data yang dikelola oleh BI (Bank Indonesia). Record keuanganmu dipertimbankan oleh pihak penyedia jasa dengan harapan kerjasaman akan berlangsung dengan baik dan tidak bermasalah. Kerja sama yang dimaksud disini adalah jasa pinjam meminjam, dimana kamu sebagai debitur dan pihak jasa pinjaman sebagai pihak yang menyediakan jasa.

 

Kuncinya kembali lagi kepada 2 poin diatas yang kita bahas sebelumnya, cek dan pastikan kondisi keuangan mu baik, dengan begitu memperbesar kesempatanmu untuk disetujui.

 

 

Butuh Pinjaman Uang Sekarang? Kenali Biaya Tambahannya

Resiko yang dimiliki penyedia pinjaman uang termasuk besar. Alasannya dalam prosesnya pinjamandiberikan tanpa adanya interaksi tatap muka antara kedua belah pihak. Oleh karena itu calon debiur perlu mengetahui biaya apa saja yang dibebankan ketika meminjam. Banyak terjadi kasus dimana peminjam tidak mengetahui hal ini juga loh.

Biaya yang dibebankan antara lain :

 

  1. Beban Biaya Service (layanan)

 

Biaya ini dibebankan pada saat debitur mengambil pinjaman uang cepat tanpa agunan. Jumlahnya bermacam-macam tergantung dari kebijakan masing-masing peyedia layanan. Satu hal lagi, besarnya beban biaya biasanya bergantung pada jangka durasi pinjaman.

 

  1. Beban Biaya Perpanjangan Durasi Waktu Pinjaman

 

Sifatnya wajib dibayar pada saat kita telat membayar tagihan pinjaman uang. Yang paling penting jumlah biaya ini diakumulasikan per hari. Jadi jangan sampai telat membayar.

Hal ini juga mempengaruhi ketika kita mengajukan pinjaman keduakalinya atau meminjam di penyedia jasa yang lain.

 

Contohnya, Beban perpanjangan waktu sebesar Rp. 5000 per hari. Lalu kamu telat membayar selama 5 hari. Maka kamu diwajibkan untuk melunasi sebesar Rp. 25000 diluar bunga loh ya.

 

  1. Beban Biaya lainnya

Mayoritas yang temasuk beban biaya lainnya biasanya sudah digabungkan menjadi satu. Dengan kata lain yang tidak temasuk kedalam 2 poin diatas sebelumna ada dalam katagori ini. Hal tersebut biaya administrasi, beban biaya sebelum kita melakukan proses pengajuan.

Pastikan sebelumnya kamu mengklarifikasi beban biaya tersebut ke pihak penyedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.